Senin, 04 Agustus 2008

The Power of Al-fatihah


Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Muhammad Amin Aziz
Price : Rp.135.000

Temuan mencengangkan dikemukakan Profesor Amin Aziz. Penulis buku The Power of Al Fatihah ini mengungkapkan bahwa 70 persen jamaah masjid tidak menguasAl keseluruhan arti dari surah Al Fatihah.

Dari hasil survei terhadap sejumlah masjid di Jakarta dan Bogor terungkap bahwa 70 persen dari 1.500 responden tidak mengerti dan memahami surah Al Fatihah. Seperti arti dari ayat Ihdinas sirathal mustaqim yang selama ini sering kita baca di dalam shalat kata Amin Aziz saat berbincang kepada wartawan di sela-sela bedah buku The Power of Al Fatihah di arena Islamic Book Fair Jakarta Ahad

Lebih jauh Amin Aziz masih menyampaikan temuan lainnya seputar kemerosotan kualitas umat Islam. Masih dari hasil survei tersebut lelaki kelahiran Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam NAD ini mengungkapkan data bahwa hampir 90 persen responden tidak menguasai keseluruhan arti doa iftitah yang dibaca pada awal shalat. Secara keseluruhan mereka tidak mengetahui selengkapnya arti dari kalimatkalimat seperti istighfar dan tahlil yang telah berulangulang mereka lafadzkan", ungkap Rektor Institute for Community Leaders ini lagi.

Fenomena yang diungkapkan itu menurut penggagas model pengembangan Lembaga Keuangan Mikro BAltulmal wattamwil BMT ini menjadi sederet fakta atas terjadinya kemerosotan umat yang sudah semakin jauh meninggalkan agama. Faktafakta hasH survei yang telah dilakukan itu kata Amin Aziz kembali membawa pada kesimpulan bahwa hingga kini umat Islam di Indonesia masih belum dapat terangkat derajat kehidupannya. Memahami
Al Fatihah saja tidak bisa bagaimana nanti menjalankan makna dan ajaran yang dikandungnya katanya gusar.

Amin Aziz juga menyatakan buruknya pemahaman seorang Muslim terhadap Al Fatihah berdampak pada kualitas ibadah shalat wajib lima kali sehari. Sebab membaca Al Fatihah itu merupakan prasyarat sah atau tidak sahnya shalat seseorang. Buruknya kualitas shalat ini tentu saja berimbas pada dampak lanjutnya yakni shalat itu tidak akan mencapai tujuan mencegah dari kejahatan dan kemunkaran kata dia memaparkan.

Tidak ada komentar: